Astragraphia Dukung Edukasi Jurnalisme Data Lingkungan

PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) berkolaborasi dengan Databoks.id memberikan edukasi kepada mahasiswa Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran serta Himpunan Mahasiswa Jurnalistik (HMJ) melalui acara seminar dan workshop dengan tema "Jurnalisme Data Lingkungan" yang dihadiri sekitar 150 peserta dari mahasiswa dan masyarakat umum pada tanggal 8 Juni 2023 di Jatinangor. 

Kolaborasi ini sejalan dengan program kontribusi sosial Astragraphia dalam pilar pendidikan yakni Competence Aid Program (CAP) yang memberikan kegiatan edukasi bagi siswa sekolah menengah kejuruan maupun mahasiswa.

Terdapat empat narasumber dalam seminar yang diselenggarakan, salah satunya dari Astragraphia yang diwakilkan oleh Lucia Retno Astrini sebagai narasumber dan didampingi oleh Tim Corporate Communications, serta tiga pembicara lainnya yaitu Jamalianuri dan Adi Ahdiat dari Databoks.id, serta Farhannisa Nasution dari Edheroes Asia.

Lucia Retno Astrini - Corporate Communications PT Astra Graphia Tbk menceritakan pentingnya jurnalis dalam korporasi (dua dari kanan)

Masing-masing pembicara membawa perspektif yang berbeda terhadap tema yang diangkat. Jamalianuri, menyoroti pentingnya data dalam era informasi yang sedang berkembang saat ini. Ia mengajak masyarakat untuk bersikap skeptis terhadap data yang tersebar di media. Adi Ahdiat, juga menambahkan bahwa semua data harus dipertanyakan kebenarannya dan relevansinya. 

Isu lingkungan mempengaruhi kehidupan para jurnalis, selain itu isu ini juga memberikan dampak bagi perusahaan. Lucia Retno Astrini, Corporate Communications Astragraphia, mengakui bahwa perusahaan Astragraphia turut mendukung dan mengambil peran dalam menjaga lingkungan yang lestari untuk saat ini dan di masa depan.  Komitmen ini tercermin dalam aspirasi keberlanjutan yang dimiliki Astragraphia untuk tahun 2030 dan seterusnya demi menjadikan Astragraphia sebagai perusahaan yang lebih tangguh dan berkelanjutan.

Selain itu, Lucia menyadari pentingnya data dalam menjaga reputasi perusahaan. Data menjadi aset bagi perusahaan sebelum menyebarkan informasi kepada rekan-rekan media, terutama ketika jurnalis menuntut bukti kontribusi Astragraphia terhadap keberlanjutan baik dari aspek ekonomi, lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan.

Seminar ini berusaha memberikan wawasan yang komprehensif dan menyadarkan peserta akan pentingnya pemanfaatan data dalam jurnalisme lingkungan serta peran yang dapat dimainkan oleh jurnalis dan perusahaan dalam mengatasi isu-isu lingkungan yang kompleks.