Eksistensi Astragraphia di Antara Ratusan Perusahaan Publik di Indonesia

Setidaknya ada 677 perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) per Januari 2020 sebagai perusahaan publik, yang dituntut untuk mampu menunjukkan prestasi kinerja positif untuk dilaporkan secara terbuka di BEI.
PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) sebagai salah satu perusahaan publik di Indonesia, berhasil meraih penghargaan sebagai Top Public Company Award 2019 dan Top CEO Award 2019 yang ditujukan kepada Presiden Direktur Astragraphia, Bapak Harry Halim, atas kinerja tahun buku 2018.
Top Public Company Award merupakan bentuk apresiasi kepada perusahaan terbuka di Indonesia yang telah terbukti berhasil meningkatkan performa perusahaan. Dengan aspek penilaian Corporate Brand Awareness (20%), Revenue & Revenue Growth (40%), dan Net Profit & Net Profit Growth (40%) dibandingkan dengan tahun buku sebelumnya.
Top CEO Award merupakan bentuk penghargaan bergengsi yang diberikan kepada CEO terbaik dari perusahaan terbuka di Indonesia yang telah berhasil memimpin dan mengelola perusahaan dalam meningkatkan revenue hingga citra positif perusahaan.
Kedua apresiasi ini diberikan untuk perusahaan terbuka yang telah berhasil masuk ke dalam peringkat “Top 200” perusahaan terbuka terbaik dan laik dipilih oleh masyarakat yang hendak berinvestasi di bursa saham. Kedua apresiasi ini diberikan oleh TRAS N CO Indonesia dan INFOBRAND.ID yang merupakan dua perusahaan independen dan terpercaya dalam melakukan survei serta penilaian Top Public Company Index dan Top CEO Index secara kredibel.

 

44 Tahun Eksistensi Astragraphia


Astragraphia mengawali bisnisnya sebagai divisi Xerox di PT Astra International yang kemudian berdiri sebagai badan hukum terpisah di tahun 1975 dan mendaftarkan sahamnya di BEI dengan kode saham ASGR pada tahun 1989. Sampai saat ini, Astragraphia masih tercatat di BEI sebagai perusahaan terbuka bidang usaha perdagangan dan jasa, khususnya printing & digital services.
Hampir genap 44 tahun Astragraphia hadir untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan di seluruh Indonesia. Berbekal visi misi, falsafah, nilai dan budaya perusahaan yang diterapkan seluruh insan Astragraphia dalam menjalankan setiap aktivitas bisnis, Astragraphia terbukti memiliki citra perusahaan, keberlangsungan performa bisnis, perkembangan, serta akselerasinya ke arah yang positif dan lebih baik.
Penghargaan Top Public Company Award 2019 yang baru saja Astragraphia raih, menjadi sebuah aset baru Astragraphia sebagai perusahaan terbuka yang laik dan terus dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

 

Parameter Survei dan Penilaian
Survei dan penilaian untuk penghargaan Top Public Company Award 2019 dan penghargaan Top CEO Award 2019 dilakukan berdasarkan tiga parameter penilaian, yaitu:
1. Aspek Digital Corporate Brand Awareness yaitu pengukuran brand awareness perusahaan terbuka yang dinilai menggunakan internet based survey yaitu google result dan google search dengan bobot penilaian yaitu 20%.
2. Aspek Revenue & Revenue Growth yaitu pengukuran tingkat pendapatan periode 1 tahun dari perusahaan terbuka tersurvei pada tahun 2018 dan pertumbuhan pendapatan jika dibandingkan dengan perolehan pendapatan pada tahun 2017 dengan bobot penilaian 40%.
3. Aspek Net Profit & Net Profit Growth yaitu pengukuran laba bersih perusahaan terbuka periode 1 tahun dari perusahaan terbuka tersurvei pada tahun 2018 dan pertumbuhan laba bersih jika dibandingkan dengan perolehan laba bersih pada tahun 2017 dengan bobot penilaian yaitu 40%.


Kriteria dan Proses Penilaian
Penilaian untuk Penghargaan Top Public Company Award 2019 dan Top CEO Award 2019 telah memenuhi tiga kiteria penilaian akhir yaitu memperoleh angka google result untuk digital corporate brand awareness di atas 10.000 result, memperoleh minimal pendapatan perusahaan terbuka tersurvei pada tahun 2018 yaitu satu triliun, dan laporan keuangan tahunan perusahaan terbuka tersurvei berada pada posisi laba mencapai di atas 100 miliar.

Survei telah dilakukan dengan metodologi quantitative research dengan menganalisis data dari berbagai sumber seperti BEI, IDX.co.id, IDN Finance, serta pemberitaan di berbagai media dan website resmi perusahaan terbuka. TRAS N CO bersama INFOBRAND.ID melakukan survei ke seluruh perusahaan terbuka yang terdaftar di BEI yaitu sebanyak 648 perusahaan dengan melakukan screening terhadap laporan keuangan 2017 dan 2018 yang telah terpublikasi secara resmi, performa keuangan, serta CEO yang menjabat sebagai penanggung jawab tertingi perusahaan selama periode survei berlangsung. Setelah screening dilakukan, proses pemeringkatan terhadap 200 perusahaan dilakukan dan dikukuhkan.


Selamat kepada seluruh Insan Astragraphia yang telah berkontribusi untuk mewujudkan prestasi membanggakan ini. Mari raih kesuksesan baru di tahun mendatang!