Tanggung Jawab Barang dan/atau Jasa

Sesuai dengan peraturan Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Astragraphia selalu berusaha memberikan produk dan layanan terbaik kepada pelanggan, serta bertanggung jawab atas produk dan solusi yang diberikan. Hal itu tercermin dalam:

 

Informasi Barang dan/atau Jasa


Astragraphia menjual barang dengan dilengkapi petunjuk penggunaan dan spesifikasi dalam bentuk dokumen tercetak maupun elektronik yang dapat diakses melalui situs web Astragraphia Document Solution. Sebelum proses penyerahan perangkat kepada pelanggan, Astragraphia memberikan pelatihan singkat kepada calon pengguna terkait cara pemakaian mesin dan cara perawatan mesin yang sederhana. Selain itu, pelanggan juga dapat menghubungi layanan konsumen yang disediakan oleh Astragraphia.


Kesehatan dan Keselamatan Pelanggan


Sebagai bentuk tanggung jawab Astragraphia terhadap kesehatan dan keselamatan pelanggan, Astragraphia memberikan layanan sebagai berikut:

  1. Memberikan rekomendasi mengenai lingkungan kerja pelanggan sesuai ketentuan keamanan dasar yang terkait dengan suhu, kelembaban ruangan, daya listrik, tata ruang mesin terhadap area kerja pengguna, dan kriteria-kriteria lainnya sebelum pemasangan perangkat mesin (Pre-Installation Assessment),
  2. Menyampaikan petunjuk keamanan secara verbal maupun dalam dokumen tercetak kepada pelanggan,
  3. Memastikan perangkat mesin memenuhi standar keamanan, dan terus melakukan pemantauan serta perbaikan yang diperlukan sepanjang penggunaan mesin secara berkala maupun insidentil,
  4. Memberikan edukasi terkait kesehatan, keamanan, dan keselamatan kerja kepada teknisi secara berkesinambungan, 
  5. Melakukan pengelolaan limbah bahan pakai setelah penarikan dari pelanggan dilakukan.

 

Layanan Purna Jual dan Penanggulangan atas Pengaduan Pelanggan

Tanggung jawab yang diberikan Astragraphia mencakup sebelum dan sesudah pembelian produk & solusi. Selain mendeskripsikan petunjuk pengunaan dan keamanan, Astragraphia berkomitmen untuk memberikan layanan purna jual berupa pemeriksaan dan perbaikan secara berkala maupun insidentil. Melalui Customer Contact Centre (CCC), Astragraphia secara aktif menerima pengaduan dan secara proaktif melakukan penanggulangan atas keluhan pelanggan, baik melalui arahan via telepon, maupun kunjungan teknisi ke lokasi pelanggan.

Sistem CCC didukung oleh penerapan Service Territory Management dan Guaranteed Tracking Respond System yang memungkinkan Astragraphia untuk:

  1. Melakukan penugasan kepada teknisi terdekat untuk melakukan perbaikan,
  2. Segera mengirimkan teknisi pengganti bila teknisi pertama berhalangan datang ke lokasi pelanggan,
  3. Memberikan informasi estimasi waktu kedatangan teknisi, memantau, dan memastikan penyelesaian perbaikan mesin pelanggan untuk setiap kedatangan teknisi,
  4. Memastikan dan menjaga ketepatan waktu pengiriman bahan pakai,
  5. Melakukan pengecekan ulang secara acak untuk memastikan ketuntasan penyelesaian masalah mesin dan kepuasan pelanggan.

Dalam menjaga kepuasan pelanggan, Astragraphia memiliki program bernama 3 Hours Downtime (3HDT). Program ini berlaku di wilayah metro (di mana kantor cabang Astragraphia berada) yang tersebar di seluruh Indonesia. Melalui program ini, Astragraphia berkomitmen untuk mengatasi permasalahan mesin pelanggan dalam waktu kurang dari 3 jam, terhitung sejak waktu penerimaan pengaduan pelanggan.

Sarana Penanggulangan atas Pengaduan Pelanggan

 

Untuk memudahkan pelanggan dalam mencari informasi dan menyampaikan pengaduan terhadap produk, solusi, maupun layanan.

Astragraphia menyediakan beberapa sarana penyampaian:
Telp: 1500 345
Email: ccc@astragraphia.co.id dan info@astragraphia.co.id
Web: www.Astragraphia.co.id dan www.documentsolution.com

Entitas anak - AGIT juga memiliki pusat pengaduan konsumen sebagai tempat pencarian informasi bagi konsumen yang memiliki kesulitan untuk solusi teknologi informasi yang telah diberikan dengan menghubungi:
Telp: ( 021 ) 29241177
Email: csc@ag-it.com 
Web: www.ag-it.com 

Sementara itu pusat pengaduan konsumen entitas anak - AXI adalah:
Telp: ( 021 ) 500 936
Email: cs@axi.co.id
Web: www.axi.co.id 


Dampak atas Kegiatan Tanggung Jawab Barang dan/atau Jasa

Secara umum, Astragraphia selalu menghadirkan pelayanan yang bertanggung jawab, memberikan edukasi yang berkesinambungan, baik kepada pelanggan maupun SDM Astragraphia sendiri, serta mengelola limbah dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku. Hal ini berdampak pada pengurangan resiko kecelakaan kerja, peningkatan produktivitas dan keselamatan pengguna, serta peningkatan kualitas lingkungan kerja di lokasi pelanggan.


Rencana Kegiatan terkait Tanggung Jawab Barang dan/atau Jasa

Pada tahun 2020 ini, Astragraphia akan meningkatkan layanan purna jual demi kepuasan pelanggan, serta meningkatkan intensitas pengelolaan limbah bahan pakai secara berkala guna membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik.