.

Unit Internal Audit

Nur Machfud

Riwayat Pendidikan
Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi - Akuntansi dari Sekolah Bisnis STIE YKPN Yogyakarta di tahun 1998.

 

Riwayat Jabatan

Dasar Hukum & Masa Jabatan
Sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 56/POJK.04/2015 tanggal 29 Desember 2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam Unit Audit Internal, Kepala Unit Audit Internal diangkat dan diberhentikan oleh Presiden Direktur atas persetujuan Dewan Komisaris.

Pengangkatan Kepala Unit Audit Internal  Astragraphia telah disetujui oleh Dewan Komisaris Astragraphia pada tanggal 2 Januari 2019, serta melaporkan pengangkatannya kepada Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia pada tanggal 2  Januari 2019.

Pengalaman Kerja
Mulai bergabung di Astragraphia sejak tahun 1998 sebagai Auditor Internal, pernah menjabat dibeberapa posisi manajerial sebagai Finance & Administration dan Warehouse & Distribution sebelum diangkat mejadi Kepala Audit Internal pada bulan Januari 2019. 
 

Personalia Audit Internal

Per 31 Desember 2019, jumlah karyawan di Audit Internal Astragraphia adalah 9 (sembilan) orang termasuk Kepala Audit Internal.

 

Personalia Audit Internal telah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Memiliki integritas dan perilaku yang professional, independen, jujur, dan objektif dalam melaksanakan tugasnya;
  2. Memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenai teknis audit dan disiplin ilmu lain yang relevan dengan bidang tugasnya;
  3. Memiliki pengetahuan tentang peraturan perundang-undangan di bidang Pasar Modal dan peraturan perundang-undangan terkait lainnya;
  4. Memiliki kecakapan untuk berinteraksi dan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis secara efektif;
  5. Memenuhi standar profesi yang dikeluarkan oleh asosiasi Audit Internal;
  6. Mematuhi kode etik Audit Internal;
  7. Menjaga kerahasiaan informasi dan/atau data perusahaan terkait pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Audit Internal kecuali diwajibkan berdasarkan peraturan perundang-undangan atau penetapan atau putusan pengadilan;
  8. Memahami prinsip tata kelola perusahaan yang baik dan manajemen risiko; dan
  9. Bersedia meningkatkan pengetahuan, keahlian, dan kemampuan profesionalismenya secara terus-menerus.

 

Kualifikasi / Sertifikasi

Guna memastikan kualitas pelaksanaan kegiatan audit, Audit Internal didukung dengan tenaga audit profesional yang dilengkapi dengan sertifikasi audit dan program pelatihan eksternal yang memadai.

Selama tahun 2019, Audit Internal telah mengikuti program pelatihan eksternal secara intensif yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Internal Audit dan The Institute of Internal Auditors, termasuk mengikuti seminar yang berkaitan dengan perkembangan Information Technology.

 

Struktur Unit Audit Internal

Fungsi Audit Internal membantu Direksi dalam melakukan kegiatan konsultasi dan pengawasan internal secara obyektif dan independen, serta membantu Manajemen dalam mencapai tujuan dengan menggunakan pendekatan secara sistematis dan disiplin dalam mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko, kontrol dan proses tata kelola perusahaan.

 

Dalam struktur organisasi, Kepala Audit Internal bertanggung jawab kepada Presiden Direktur dan secara fungsional kepada Dewan Komisaris melalui Komite Audit. Hal ini untuk mendukung independensi dan menjamin pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Audit Internal serta kewenangan dalam pemantauan tindak lanjut atas seluruh rekomendasi hasil pemeriksaan.