Piagam Internal Audit

Pedoman Kerja Audit Internal

Astragraphia telah memiliki Piagam Unit Audit Internal yang disusun berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 56/ POJK.04/2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam Unit Audit Internal.

Pada tanggal 4 Januari 2021, Audit Internal telah memperbaharui Piagam Unit Audit Internal yang disetujui oleh Dewan Komisaris Astragraphia dan ditetapkan oleh Direksi Astragraphia.

 

Uraian Tugas dan Tanggung Jawab

Astragraphia menggunakan pendekatan COSO (The Committe of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission) Framework dalam menerapkan sistem pengendalian internal, dimulai dari pengendalian lingkungan, penilaian risiko, aktivitas kontrol, informasi dan komunikasi, sampai dengan pengawasan dan evaluasi dari pengendalian internal yang mencakup pengendalian keuangan dan operasional.

Pengendalian internal tersebut diwujudkan dalam bentuk:

  1. Lingkungan pengendalian internal dalam perusahaan yang terstruktur oleh seluruh jajaran Manajemen dengan adanya tingkatan otoritas dan tanggung jawab yang berjenjang, standar kinerja, prosedur pengendalian dan mekanisme pelaporan.
  2. Fungsi manajemen risiko dan pengendali lainnya berperan membantu manajemen untuk mengukur tingkat risiko dan pengendalian serta melakukan pemantauan secara berkala terhadap jalannya fungsi pengendalian.
  3. Pelaksanaan audit dilakukan oleh Departemen Audit Internal untuk memastikan efektivitas pengendalian internal.
  4. Tindak lanjut hasil pemeriksaan Audit Internal oleh forum Komite Audit, Direksi dan Manajemen termasuk memantau status perbaikannya.