Pengembangan Sosial Kemasyarakatan

Astragraphia berkomitmen untuk turut serta berkontribusi menuju pembangunan berkelanjutan dalam masyarakat dengan berlandaskan pada penerapan pilar pertama budaya perusahan, bahwa dimanapun Astragraphia berada akan membawa manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. 
Pelaksanaan program pengembangan sosial kemasyarakatan didasarkan pada tujuan untuk membangun masyarakat cerdas dan sejahtera melalui teknologi dan kompetensi yang dimiliki oleh Astragraphia. Competence Aid Program (CAP) dan penyaluran buku aktivitas bagi anak-anak usia dini menjadi program unggulan Astragraphia dalam bidang pengembangan pendidikan di tahun 2019. 

 

Astra Friendly Company 

Astragraphia menerapkan pedoman Astra Friendly Company (AFC) dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial (CSR). Dengan pedoman ini, Astragraphia dapat menerapkan program kerja CSR secara sistematis dengan mempertimbangkan hak-hak pemangku kepentingan.
AFC disusun dengan referensi dari berbagai standar atau panduan nasional maupun internasional. Kriteria AFC terdiri dari sistem manajemen (terdiri dari pilar value, mindset, dan behavior), implementasi program CSR, persepsi masyarakat dan donasi. Penerapan AFC dilakukan dengan pelaksanaan audit AFC secara berkala oleh Astra.

 

Target/Rencana Kegiatan yang Ditetapkan Manajemen

Untuk tahun 2020, kami merencanakan beberapa kegiatan pengembangan sosial kemasyarakatan berupa:
1.    Pencetakan dan penyebaran buku aktivitas bagi anak-anak usia dini di daerah yang membutuhkan.
2.    Pembangunan Digital library untuk memberikan kemudahan akses pendidikan yang lebih luas.
3.    Meneruskan dan memperluas pelaksanaan Competence Aid Program (CAP), pembekalan pendidikan teknologi informasi bagi siswa sekolah SMK sampai dengan Universitas.
4.    Pelatihan pengolahan dokumen dan teknologi informasi untuk UMKM guna mendukung pertumbungan ekonomi kreatif Indonesia. 
5.    Donor darah karyawan Astragraphia yang dilaksanakan empat kali dalam setahun. 
6.    Donasi bagi masyarakat sekitar. 

Pelaksanaan Kegiatan/Jenis Program


Penggunaan Tenaga Kerja Lokal

Astragraphia beroperasi dalam 32 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam proses rekrutmen karyawan Astragraphia memprioritaskan kesempatan bagi masyarakat setempat.

 

Pemberdayaan Masyarakat Sekitar

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019, Astragraphia dan grup Astra bersama dengan masyarakat sekitar wilayah operasional Astragraphia di Bali serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) kota Denpasar, turut berpartisipasi pada Program Kebersihan Lingkungan Pengurangan Sampah Plastik. Selain itu pada tahun 2019, Astragraphia juga membuka kesempatan bagi masyarakat di wilayah operasional Astragraphia di area kantor pusat dan cabang untuk mengikuti Competence Aid Program (CAP).

 

Realisasi Kegiatan CSR 

1.    Realisasi kegiatan CSR Astragraphia mayoritas berfokus pada dua pilar utama Pendidikan dan Lingkungan: Workbook (buku aktivitas anak). Memasuki tahun ketiga, sebanyak 3000 buku Workbook (buku aktivitas anak) disebar diwilayah Jawa, Bogor, Denpasar dan Flores. Pada kesempatan ini Astragraphia bekerjasama dengan SOS Children Village mengadakan pelatihan guru di Kota Jogyakarta dan Semarang, yang diikuti total sebanyak 86 guru. Pelatihan tersebut membahas mengenai pembelajaran kreatif untuk anak usia dini (PAUD), dimana salah satu materinya adalah workbook. Diharapkan dengan proses pengajaran terhadap guru (train the trainer) ini siswa PAUD yang terpapar akan semakin banyak. 
 

2.    CAP (Competence Aid Program) Astragraphia, adalah aktivitas berbagi ilmu yang dilakukan oleh karyawan Astragraphia yang memiliki kompetensi dalam bidang solusi dokumen dan teknologi informasi. Pembekalan kompetensi ini diberikan bagi siswa siswi SMK hingga universitas, dengan tujuan agar mereka dapat lebih siap untuk terjun kedalam dunia kerja. Selama tahun 2019, Astragraphia telah memberikan pembekalan kompetensi digital printing terhadap 10 siswa/i SMK Grafika Desa Putera, 8 siswa SMKN 7, serta 4 guru SMKN 7 . Tahun ini kami juga mengajar di SMK INFOKOM Bogor khusus untuk bidang Teknologi mengenai jaringan dan kelengkapannya. Pada kesempatan ini pula Astragraphia memberikan beasiswa untuk 8 anak yang berprestasi terbaik pada saat penilaian akhir program, beasiswa tersebut diberikan selama setahun penuh. Diharapkan dengan beasiswa yang diberikan, anak-anak tersebut dapat lebih termotivasi untuk terus belajar dan tentunya membantu meringankan biaya pendidikan mereka.  Selain itu, entitas anak AGIT  juga memberikan pembekalan kompetensi di Institusi Pendidikan Tinggi Vokasi Politeknik Manufaktur (Polman) Astra mengenai data science dan Universitas Bina Nusantara (Binus) dengan jurusan Information System dan Computer Science yang berkaitan dengan teknologi informasi, mengenai :

  • Transaction Processing Systems 
  • Functional Area Information Systems 
  • Managing the Supply Chain 
  • Customer Relationship Management 
  • Enterprise Resource Planning overview

Jumlah siswa yang terpapar adalah 1200 siswa dengan rincian 600 siswa Polman Astra dan 600 mahasiswa dari Universitas Binus yang dilakukan dalam 4 pertemuan selama tahun 2019.  
 

3.    Donor Darah, kegiatan rutin yang diadakan Astragraphia bersama PMI ini setiap tahun dilakukan sebanyak 4 kali. Dalam tahun 2019, kegiatan ini diikuti oleh 163 karyawan & karyawati Astragraphia, dengan total kantong darah sebanyak 293 kantong (102.5 liter darah). 


4.    Bentuk Donasi Lainnya. Secara rutin Astagraphia memberikan donasi kepada masyarakat sekitar untuk kegiatan mereka yang diberikan satu bulan sekali, serta donasi berupa pemberian hewan kurban.
 

Komunikasi mengenai kebijakan dan prosedur anti korupsi di perusahaan, serta pelatihan mengenai anti korupsi


Astragraphia menerapkan etika bisnis, yang di dalamnya memuat larangan pemberian hadiah, hal ini tercantum dalam buku Peraturan Perusahaan yang dibagikan kepada setiap karyawan pada Bab Larangan Selama Dalam Hubungan Kerja, pasal 23. Selain itu ada pula kode etik perusahaan yang dimuat dalam situs web Astragraphia, yaitu komitmen Astragraphia dan karyawannya untuk tidak memberi kepada atau menerima dari pelanggan imbalan atau hadiah (yang substansial) yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan.

 

Dampak dari pelaksanaan kegiatan


Kegiatan CSR Astragraphia yang berfokus pada peningkatan akses pendidikan bagi anak anak Indonesia diharapkan mampu membuka kesempatan yang lebih luas bagi mereka untuk meraih masa depan yang lebih baik, menciptakan generasi penerus yang cerdas dan sejahtera.