Ketenagakerjaan, Lingkungan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja (LK3)

 

Kebijakan

Astragraphia menyadari Kesehatan dan Keselamatan Kerja sebagai hal yang penting dan salah satu faktor utama suksesnya kegiatan operasional Perusahaan. Tujuan pengelolaan Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (LK3) adalah memberikan perlindungan bagi karyawan agar mereka dapat bekerja yang nyaman dan produktivitas dapat meningkat. Sertifikasi Untuk mendukung tujuan LK3 dan pengelolaan lingkungan serta memastikan continual improvement, Astragraphia mengadopsi dan menerapkan sertifikasi Sistem Manajemen LK3, ISO 14001, dan OHSAS 18001.

 

Astra Green Company

Sebagai bagian dari Grup Astra, Astragraphia menerapkan Astra Green Company (AGC) sebagai sistem manajemen LK3 untuk memantau pencapaian kinerja perusahaan terhadap pemenuhan berbagai persyaratan pengelolaan LK3 dan lingkungan di tempat kerja, termasuk peraturan perundangan dan standar nasional maupun internasional.

Pengukuran kinerja LK3 dilakukan menggunakan kriteria penilaian green strategy, process, product, employee, pencapaian critical points dan pemenuhan peraturan. Evaluasi dilakukan secara berjenjang melalui Corporate Assessment, Group Assessment dan Self- Assessment, untuk memastikan implementasi yang sesuai dengan pedoman yang ada.

 

Rencana Kegiatan Yang Ditetapkan Manajemen Dalam Bidang LK3

Mendukung upaya penghematan energi serta penyelamatan lingkungan, maka Astragraphia di tahun 2020 menetapkan 2 (dua) program utama, yaitu:

  1. Efisiensi penggunaan energi dengan menggunakan lampu LED
  2. Pemanfaatan air limbah dengan membangun pengolahan air limbah sederhana di kantor pusat

 

Kebijakan Kesetaraan Gender dan Kesempatan Kerja

Astragraphia menjunjung nilai kesetaraan gender dalam pemberian kesempatan kerja yang dimulai dari proses rekrutmen hingga pemberian struktur kesejahteraan karyawan. Dalam proses rekrutmen, Astragraphia mempertimbangkan kualifikasi yang dibutuhkan dalam posisi atau jabatan yang diisi dan tidak berdasarkan agama, ras, suku, dan gender calon karyawan.
Kebijakan kesetaraan gender juga berlaku dalam pemberian kesempatan pengembangan karir. Pemberian promosi jabatan diberikan apabila karyawan menunjukkan hasil penilaian kinerja dan kompentensi yang baik serta mampu memenuhi kualifikasi jabatan yang akan diisi.  Keberadaan kebijakan kesetaraan gender merupakan bentuk perhatian perusahaan terhadap karyawan guna menghindari adanya diskriminasi dalam lingkungan kerja.

 

Sarana dan Keselamatan Kerja

Dalam hal kesehatan dan kesejahteraan umum, semua karyawan Astragraphia mendapatkan hak  atas  tunjangan  yang terkait dengan jabatan, indeks penempatan daerah, pernikahan, bersalin, hari raya keagamaan, makan, transportasi, pemeliharaan kesehatan, biaya rumah sakit, kaca mata, dan kedukaan. Sebagai komitmen Astragraphia dalam kesehatan dan keselamatan kerja, Direksi Astragraphia membentuk tim Panitia Pembina Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan (Tim P2K3L). Astragraphia juga telah mendapatkan sertifikasi OHSAS yang menjadi standar pelaksanaan kesehatan dan keselamatan kerja di lingkup perusahaan Astragraphia.

 

Sertifikasi Kesehatan  dan  Keselamatan  Kerja 

Mengenai keselamatan kerja, Astragraphia mematuhi Undang- Undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja yang menimbang bahwa setiap tenaga kerja berhak mendapat perlindungan atas keselamatannya dalam melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan produksi serta produktivitas Nasional. Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja tersebut selalu diterapkan Astragraphia.

 

Tingkat Turnover Karyawan

Sepanjang tahun 2019, tingkat turnover karyawan Astragraphia bisa dikatakan terkendali dan relatif di bawah turnover rate industri sejenis. Hal tersebut turut didukung oleh komitmen perusahaan yang mengedepankan pengembangan kompetensi dan kesejahteraan karyawan sehingga produktivitas SDM dapat terjaga.

 

Tingkat Kecelakaan Kerja

Selama tahun 2019 tidak terjadi kecelakaan kerja di area kerja Astragraphia. Guna mencegah dan menanggulangi terjadinya kecelakaan di area kerja, Astragraphia rutin melakukan kegiatan pelatihan tanggap darurat kepada setiap karyawan. Astragraphia memiliki standar prosedur tata  cara berpakaian untuk fungsi-fungsi tertentu, termasuk customer engineer yang bertugas di lapangan, termasuk tas untuk membawa perangkat yang aman dan tidak mudah jatuh. Astragraphia juga memasang rambu serta petunjuk keselamatan di lokasi kerja di beberapa tempat yang mudah terbaca untuk memandu agar potensi kecelakaan kerja tidak terjadi.

 

Pendidikan dan/atau Pelatihan

Astragraphia menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kepada karyawannya. Hal ini sebagai upaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki. Dengan demikian dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan. Jenis pelatihan yang diberikan antara lain: program orientasi untuk karyawan baru, program sertifikasi internal dan eksternal, dan program pelatihan manajemen.

 

Kebijakan Remunerasi

Astragraphia memberikan upah sesuai ketentuan Pemerintah, yaitu di atas standar minimum yang berlaku di semua kantor Astragraphia di berbagai kota.  Kenaikan upah diberikan setiap awal tahun kepada seluruh karyawan dengan mempertimbangkan beberapa aspek, termasuk angka inflasi yang dinyatakan oleh pemerintah, sedangkan total penghasilan setahun karyawan termasuk bonus, ditentukan berdasarkan hasil evaluasi kinerja karyawan tersebut.

Proses evaluasi kinerja meliputi penyusunan rencana kinerja dan target, monitoring pencapaian secara berkala, coaching and counseling oleh atasan, evaluasi hasil pencapaian serta penetapan imbalan dan hukuman (reward and punishment) sebagai konsekuensi atas kinerja yang dihasilkan. Semua kegiatan ini mengacu pada kebijakan dasar sebagai berikut:

•    Perencanaan Kinerja Individual
Pada awal tahun, setiap karyawan diwajibkan menyusun Rencana Kinerja Individual (RKK) berdasarkan Key Performance Indicator (KPI) bagi unit kerja yang bersangkutan. Pada akhir tahun, RKK ini digunakan sebagai dasar bagi evaluasi kinerja.

•    Evaluasi Kinerja
Evaluasi Kinerja dilaksanakan dengan menilai aspek proses kerja dan hasil kerja. Sedangkan bagi karyawan yang memiliki bawahan, ditambah dengan aspek people management, yang mengevaluasi kemampuan karyawan dalam membina bawahannya.

•    Coaching and Counseling
Proses coaching dan counseling dilakukan secara berkala oleh atasan kepada bawahannya, sehingga dapat membantu karyawan meningkatkan kinerja, mengembangkan diri menurut rencana karir, mendeteksi secara dini potensi masalah, serta membina hubungan yang baik antara atasan dan bawahan. 

 

Mekanisme Pengaduan Masalah Ketenagakerjaan 

Keluhan dan pengaduan dari karyawan diselesaikan secara adil dan secepat mungkin melalui atasan langsung dan/atau melalui Divisi Human Capital Management. Keluhan dan pengaduan dapat dilakukan secara lisan maupun secara tertulis dan pribadi melalui fasilitas yang tersedia di portal web internal Astragraphia.

 

Dampak Kuantitatif Atas Kegiatan Tanggung Jawab Sosial Terhadap LK3

Pelaksanaan kegiatan pelatihan tanggap darurat yang rutin dilakukan Astragraphia berdampak pada nol kecelakaan kerja pada tahun 2019. Selain itu, dengan menerapkan kebijakan dan program penghematan pengunaan listrik dan air, Astragraphia mampu menurunkan pemakaian listrik hingga 12.23% dan penurunan penggunaan air sebesar 6.38% dibanding tahun sebelumnya.