Kebijakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan

 

Astragraphia berkomitmen untuk terus berkontribusi dan memberi perhatian penuh pada tanggung jawab sosial dan lingkungan, yang meliputi praktik ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja, pengembangan sosial dan kemasyarakatan, lingkungan hidup, dan tanggung jawab barang dan/ atau jasa. Tanggung jawab sosial dan lingkungan Astragraphia dirancang dengan mengacu pada POJK 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik, yaitu sebagai berikut:

  1. Menerapkan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di lingkup perusahaan Astragraphia
  2. Melakukan pengembangan dan peningkatan kompetensi karyawan secara konsisten
  3. Menjalankan program CSR 4 pilar, yaitu pilar pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan kewirausahaan dalam rangka mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs)
  4. Menerapkan Astra Green Company (AGC) dan Astra Friendly Company (AFC)
  5. Melakukan penghematan energi, pengurangan emisi, dan pengelolaan limbah.

 

Lingkungan Hidup

 

Astragraphia berkomitmen untuk mengelola kegiatan usaha yang ramah lingkungan. Selain mengadopsi dan menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2015, penggunaan bahan pakai ramah lingkungan dan pengelolaan limbah menjadi upaya berkelanjutan untuk meminimalkan dampak negatif bisnis bagi lingkungan. Astragraphia turut mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum sesuai dengan ketentuan yang dimuat dalam Undang-undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Uji kelayakan dan audit internal maupun eksternal dilakukan secara berkala guna memastikan kesesuaian penerapan di lapangan.

 

Penggunaan Material dan Energi Ramah Lingkungan

PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) dengan dukungan FUJIFILM Business Innovation sebagai prinsipal menyediakan produk-produk yang ramah lingkungan baik ditinjau dari konsumsi energi yang dibutuhkan, maupun dari bahan pakai dan bahan dasar produk. Rangkaian produk ramah lingkungan tersebut juga menyediakan fitur-fitur layanan yang dapat meningkatkan efisiensi proses bisnis yang berujung pada penghematan biaya dan pemotongan emisi karbon akibat penggunaan listrik yang lebih hemat. Selain itu produk juga didukung dengan penggunaan toner SUPER EA-ECO yang dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan dan menurunkan emisi CO2 dengan penerapan teknologi terbaru dimana hasil cetakan dapat menempel di kertas pada suhu 10% lebih rendah dari toner biasa. Astragraphia mengolah limbah yang dihasilkan dari penggunaan mesin oleh pelanggan. Sampah seperti bahan habis pakai (toner), kemasan plastik, suku cadang yang rusak, dan lain-lain akan diolah dengan baik, untuk diperbaiki, digunakan kembali, dan didaur ulang di Eco Facility Astragraphia.

 

Sistem Pengolahan Limbah

Astragraphia melakukan pengolahan limbah yang dihasilkan dari penggunaan mesin oleh pelanggan. Limbah seperti sisa bahan habis pakai (consumables/toner), kemasan plastik, suku cadang yang rusak dan lain sebagainya akan diproses di Eco Facility (EFA) milik Astragraphia untuk di repair, reuse dan recycle dengan baik. Dalam hal limbah yang tidak dapat di repair, reuse ataupun di recycle, Astragraphia akan memastikan bahwa limbah tersebut diproses oleh perusahaan rekanan yang mampu mengelolah limbah B3 dan tersertifikasi ISO 14001. Salah satu perusahaan rekanan yang menjadi mitra dalam pengolahan limbah adalah PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI). Astragraphia selalu menjaga komitmen untuk terus peduli dan melakukan inisiatif-insiatif untuk meminimalisir dampak negatif yang diakibatkan bagi lingkungan.

 

Mekanisme Pengaduan Masalah Lingkungan Hidup

Secara umum produk Astragraphia ramah lingkungan dan Astragraphia telah memiliki program yang komprehensif untuk memastikan pengelolaan seluruh limbah yang diakibatkan dari penggunaan produk oleh pelanggan. Astragraphia tetap mempersiapkan diri menerima pengaduan atas produk dan layanan yang diberikan kepada pelanggan. Pengaduan terkait masalah lingkungan dari pelanggan atau masyarakat akan ditangani Departemen Office Service Management, di bawah divisi Corporate Communications.

 

Sertifikasi di bidang lingkungan yang dimiliki

Manajemen Lingkungan di Astragraphia telah dilakukan sejak lama dengan mengacu pada Undang Undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Sistem Manajemen Lingkungan di Astragraphia telah disertifikasi berdasarkan Standarisasi ISO 14001:2015. Hal ini merupakan komitmen Astragraphia untuk memberikan nilai tambah kepada pelanggan dalam hal pengelolaan lingkungan. Sertifikasi ini berlaku juga untuk anak perusahaan Astragraphia.