Webinar PT Astra Graphia Tbk : Dongkrak Penjualan Bisnis Print shop Melalui Media Sosial

PT Astra Graphia Tbk – Mulai Juni 2020 ini, Indonesia memasuki fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di tengah pandemic COVID-19. Proses adaptasi ini berdampak sangat besar bagi aktifitas bisnis. Dampak ini membuat para pelaku usaha bisnis mulai menerapkan strategi baru sebagai cara untuk tetap mempertahankan operasional bisnisnya tetap berjalan dengan normal. Sebagian besar masyarakat di Indonesia pun beralih untuk mencari informasi dan melakuka pembelian secara online selama pandemi. Kebiasaan baru masyarakat ini menjadi tantangan para pelaku usaha bisnis dalam membuat strategi pemasaran mereka.

Perubahan strategi ini pun membuat salah satu pelaku usaha bisnis, yaitu industry printing memerlukan strategi branding baru melalui kanal digial, Media Sosial. Sebagai partner terpercaya dalam solusi dokumen, Astragraphia yang menjadi partner pilihan pelangan di Indonesia, kembali menyelenggarakan Webinar Astragraphia ke-5 dengan tema “Dongkrak Penjualan Bisnis Printshop melalui Media Sosial” #smartbusinessprinting pada Hari Jumat, 17 Juli 2020. Astragraphia memperkenalkan media social sebagai salah satu media pemasaran printshop, promosi, serta wadah pelaku bisnis dalam membangun engagement dengan para visitor dan customer melalui konten yang tepat dan menarik.

Narasumber Astragraphia adalah Anditia Putra selaku Social Media Specialist dan Laetitia Caeli Hermawan selaku Creative Designer dari PT Astra Graphia Tbk memberikan tips ringan dan informative. Topik Webinar ini sangat diminati para peserta yang mayoritas berasal dari pelaku usaha printshop. Tidak lupa, acara ini dimoderasi oleh Fitri Yuliani selaku Marketing Communications Dept. Head dari PT Astra Graphia Tbk.

Topik yang dibawakan antara lain:

 

1. Pentingnya Branding bagi Printshop di Media Sosial

Proses branding melalui media sosial merupakan bagian terpenting. Yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah menetapkan identitas visual dan memahami target pasar. Kategorikan pelanggan ideal berdasarkan usia, lokasi, jenis kelamin, minat, kebutuhan, perilaku pembelian, serta tantangan dan hambatan. Tidak lupa, amati diskusi yang terjadi di media untuk mengetahui minat konsumen, platform pilihan, dan bentuk konten yang mereka sukai

 

2. Membangun Engagement Melalui Konten

Konten yang mendapatkan tanggapan baik menunjukkan jenis konten yang disukai oleh pelanggan. Perhatikan kualitas pesan yang akan disampaikan termasuk faktor pendukung lain yaitu warna, jenis gambar, keterangan, jenis barang atau layanan yang ditawarkan. Konten yang konsisten dalam proses branding tidak hanya membantu bisnis untuk menonjol di antara pesaing bisnis, tetapi juga lebih mudah diakses oleh pelanggan yang telah ditargetkan.

 

3. Pentingnya Promotion Ads bagi Printshop melalui Media Sosial

Promotion Ads dapat digunakan ketika proses sebelumnya sudah ditentukan. Dibantu Promotion Ads, branding printshop akan lebih tepat sasaran dan on target. Contoh jenis Promotion Ads yang paling sering digunakan Facebook Fans Page dan Instagram for Business.