Industri Kreatif Lokal Terdampak Pandemi, Astragraphia Selenggarakan Kelas ASIK Jogja

Astragraphia Berikan Pelatihan dan Fasilitas Promosi Gratis untuk Pelaku UMKM Industri Kreatif di Yogyakarta agar Mampu Bangkit Kembali

Yogyakarta, 30 September 2020.

Dampak dari pandemic Covid-19 dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, terutama bagi para pelaku usaha, misalnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari informasi didapatkan Astragraphia, hampir 90% pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Yogyakarta terdampak besar dikarenakan menurunnya tren dan aktivitas pariwisata di Yogyakarta.

Astragraphia kembali menyelenggarakan webinar sebagai bentuk kontribusi sosial (public contribution) kepada 50 pelaku UMKM lokal Yogyakarta yang bergerak dalam bidang Industri Kreatif, khususnya pada subsector fashion, kuliner, dan kriya dengan omzet satu juta hinga 25 juta rupiah perbulannya.

King Iriawan Sutanto – Direktur PT Astra Graphia Tbk mendukung inisiatif ini dan mengatakan “Astragraphia yang mempunyai fokus usaha dalam bidang printing and digital services, mendukung sepenuhnya Industri Kreatif untuk bangkit di masa pandemi melalui program pelatihan mengenai teknologi pencetakan dan pembuatan kemasan / label yang kreatif dan penyediaan fasilitas pemasaran produk UMKM. Hari ini, bentuk dukungan kami diwujudkan melalui Kelas ASIK Jogja kepada para pelaku Industri Kreatif di Yogyakarta.”

Kelas ASIK Jogja merupakan singkatan dari Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif di Yogyakarta. Tujuannya ialah memberikan pelatihan daring (online) mengenai teknologi digital printing dan workshop mengenai creative packaging & labelling. Pelatihan Kelas ASIK Jogja dilakukan oleh karyawan Astragraphia yang memiliki kompetensi terkait kepada 50 UMKM subsektor fashion, kuliner, dan kriya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tidak hanya pelatihan, para peserta juga mendapatkan fasilitas publikasi produk usaha gratis melalui kanal digital Astragraphia, yaitu OFiSKITA dan fasilitas pencetakan materi promosi usaha gratis di beberapa Partner Print shop Astragraphia yang berdomisili di Yogyakarta.

“Setelah melakukan audiensi dengan berbagai pihak, kami melihat bahwa kualitas produk dan promosi UMKM Indonesia perlu didukung secara menyeluruh. Selain mengutamakan kualitas produk yang ditawarkan UMKM di pasar, tampilan produk baik berupa kemasan, label, maupun beragam materi promosi produk lainnya sangat menentukan peningkatan nilai jual dan omzet usaha. Kami menyadari bahwa hal ini selaras dengan fokus bisnis Astragraphia. Oleh karena itu, Astragraphia secara konsisten menyelenggarakan rangkaian Kelas ASIK sebagai bentuk public contribution Astragraphia untuk mendukung industri kreatif di Indonesia.” - King.

Semangat dan Komitmen Astragraphia dalam mendukung juga mendorong pertumbuhan industry kreatif di Indonesia dapat dilihat dengan berbagai aktivitas yang dilakukan dari kota ke kota dengan menggandeng berbagai pihak, baik dari lembaga pemerintahan, asosiasi profesi, yayasan, hingga komunitas.

Berdasarkan hasil survei internal, 96% pelaku usaha mikro dan kecil pada Kelas ASIK periode sebelumnya sepakat bahwa peranan penting dalam penjualan dan kelangsungan bisnis sangat bergantung pada kemasan dan label produk.

Penurunan penjualan yang dirasakan oleh para pelaku usaha ini mencapai 74% selama masa pandemi. Sebagai bentuk dukungannya, Astragraphia secara berkesinambungan menyelenggarakan rangkaian program Kelas ASIK (Kelas Astragraphia untuk Indonesia Kreatif) sepanjang tahun 2020.

Melinda Pudjo – Chief of Corporate Secretary & Communications PT Astra Graphia Tbk mengatakan, “Selama masa pandemi, Astragraphia menyelenggarakan Kelas ASIK secara daring dan telah menjangkau lebih dari 300 UMKM yang bergerak di industri kreatif yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, hingga Kalimantan dengan omzet 2 juta hingga 400 juta rupiah perbulannya. Selain itu, Astragraphia menggandeng print-shop lokal yang dapat menjawab kebutuhan para UMKM tadi dalam melakukan pencetakan kemasan (Packaging) dan labelling, sehingga proses hulu ke hilir dalam membantu UMKM ini memasarkan produknya dapat diwujudkan. Astragraphia berharap, program Kelas ASIK dapat memberikan kontribusi nyata bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan brand awareness dan omzet penjualan agar mampu mewujudkan UMKM yang berdaya saing, go-online, dan naik kelas.”