Fujifilm Percayakan Astragraphia untuk Perluas Penetrasi Digital Offset (Jet Press) di Indonesia

Jakarta, 22 April 2019 – PT FUJIFILM Indonesia (Fujifilm) hari  ini   mengumumkan penunjukkan distributor resmi untuk lini bisnis divisi Graphic System. PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) dipercayakan untuk menangani  pemasaran dan layanan purna jual dari rangkaian produk mesin cetak digital offset Fujifilm di seluruh Indonesia.  Langkah strategis yang diambil oleh Fujifilm dan  Astragraphia  diharapkan mampu mendorong percepatan pertumbuhan industri cetak yang sangat berpotensi  untuk mendukung  perkembangan ekonomi kreatif Indonesia.

Berdasarkan proyeksi Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI), industri percetakan masih akan terus mencatatkan pertumbuhan yang positif setiap tahunnya, setidaknya 10 persen pertumbuhan diprediksikan akan terjadi   pada  akhir  tahun  2019.  Pertumbuhan industri percetakan ini ditopang oleh pergeseran dan inovasi dalam bidang industri kreatif.

Noriyuki Kawakubo – Presiden Direktur  PT FUJIFILM Indonesia mengatakan, “Fujifilm  sangat menyadari bahwa industri cetak di Indonesia sangat potensial, sehingga pada tahun 2015, FUJIFILM Indonesia mendirikan  Divisi  Graphic  System,  yang  menghadirkan keragaman jajaran produk dari sistem CTP offset hingga mesin digital offset  tercanggih sebagai solusi total bagi industri cetak di  Indonesia.  Kami  terus  berupaya  berkontribusi dalam industri ini  dengan menyediakan produk inovatif unggulan dan  solusi layanan komprehensif, salah satunya  yang dengan menandatangani distributorship agreement bersama Astragraphia pada hari ini Kami ingin memastikan inovasi produk yang kami miliki didukung oleh tenaga pemasaran dan layanan purna jual yang mumpuni.”

FUJIFILM Holdings Corporation merupakan perusahaan induk dari Fuji Xerox Co. Ltd. (Fuji Xerox), mengikuti jejak Fuji Xerox yang pada  tahun  ini  merayakan  43  tahun  kemitraan dengan Astragraphia, Fujifilm  tak ragu untuk percayakan Astragraphia menjadi  distributor resmi produk digital offset Fujifilm. “Dengan kekuatan sales & services network yang handal, pengalaman, serta luas cakupan layanan di lebih dari 514 kota di Indonesia yang dimiliki Astragraphia, Fujifilm percaya kolaborasi ini akan semakin memperkuat posisi Fujifilm dalam industri percetakan di Indonesia”, ujar Kawakubo.

Harry Halim – Presiden Direktur PT Astra Graphia Tbk mengatakan,  ”Penunjukan Astragraphia sebagai distributor oleh Fujifilm  bukan hanya menjadi sebuah  kebanggaan, namun ini adalah bagian dari perwujudan komitmen Astragraphia untuk memberikan solusi cetak yang semakin lengkap dan komprehensif kepada pelanggan.”

Harry Halim menambahkan, “Industri kreatif yang dinamis perlu didukung dengan teknologi yang mampu menyediakan solusi cetak short-run dan on-demand dengan kualitas yang mampu mencapai kualitas offset bahkan lebih. Fujifilm Jet Press merupakan jawaban atas kebutuhan tersebut. Dengan  penambahan lini  produk digital offset berteknologi inkjet, Astragraphia bersama Fujifilm  akan mampu memperluas penetrasi di industri cetak di Indonesia.”

Tentang PT FUJIFILM Indonesia

PT FUJIFILM Indonesia merupakan anak perusahaan  langsung  dari  Fujifilm  Holdings  Corporation dan didirikan pada bulan September 2011. Selain kantor pusat di Jakarta, PT Fujifilm Indonesia juga memiliki kantor cabang di Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan Makassar. Pada saat ini, PT Fujifilm Indonesia memiliki delapan unit bisnis yang terdiri dari divisi Electronic Imaging (kamera dan lensa), divisi Photo Imaging (mesin pencetak foto, kertas foto dan instax), divi si Graphic Systems (mesin digital printing dan offset), divisi Medical (alat-alat kesehatan), divisi Industrial Products (Prescale dan NDT), divisi Recording Media, divisi Optical Device dan divisi  Life  Science  (perawatan  kulit ASTALIFT).

 

Tentang PT Astra Graphia Tbk

Astragraphia mengawali perjalanan bisnis pada tahun 1971 sebagai Divisi Xerox di PT Astra Internasional yang kemudian dipisahkan menjadi badan hukum sendiri pada tahun 1975.  Pada tanggal 22 April 1976 Astragraphia ditunjuk secara langsung sebagai distributor eksklusif dari Fuji Xerox Co. Ltd. Jepang dengan ruang lingkup usaha sebagai penyedia perangkat perkantoran dan pelayanan purna jualnya di seluruh Indonesia.

Astragraphia mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1989. Pada tahun 2016, Astragraphia memantapkan ruang lingkup bisnisnya menjadi “Printing & Digital Services”. Astragraphia memiliki Portofolio bisnis Solusi Dokumen dengan mitra eksklusif Fuji Xerox, menghadirkan solusi end-to-end mulai dari kebutuhan cetak personal, perkantoran,  Graphic  Art  hingga Managed Print Services. Astragraphia memiliki entitas anak yaitu PT  Astra  Graphia Information Technology (AGIT) yang melayani kebutuhan Solusi Teknologi  Informasi,  khususnya Digital Services melalui kolaborasi dengan mitra strategis kelas dunia maupun solusi sendiri yang mencakup hardware, software, dan services serta PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) yang hadir sebagai One Click Office Solution dengan menyediakan solusi bagi segala kebutuhan kantor melalui AXIQoe.com yaitu layanan e-commerce B2B dan B2G terdepan di Indonesia, PrintQoe.com yaitu layanan online printing B2B dan B2G pertama di Indonesia, PrinterQoe sebagai online printing marketplace terbesar di Indonesia, CourierQoe yaitu layanan logistik dan distribusi B2 B dan B2G, SpotQoe yaitu platform online layanan pemesanan ruang meeting dan event .

 

 

Informasi lebih lanjut, hubungi :

 

Melinda Pudjo

Head of Corporate Communication PT Astra Graphia Tbk

Jl.  Kramat Raya No. 43

Telp: (021) 390 9190 ext 1060

Email: melinda.pudjo@astragraphia.co.id

 

Corporate Communication PT FUJIFILM Indonesia

88 @kasablanka Office Tower A, 36th Fl. Jl. Casablanca Raya No 88

Telp (021) 21282182

Email:ffid-communication@fujifilm.co