Astragraphia selenggarakan Competence Aid Program (CAP) bagi siswa-siswi Jurusan Multimedia di SMK 2 Triple “J”

Jakarta, 23 Februari 2021, Astragraphia kembali melakukan pelatihan Competence Aid Program (CAP) bagi 63 siswa jurusan multimedia dari sekolah kejuruan SMK 2 Triple “J”, Citeureup Bogor.


Kegiatan CAP ini merupakan salah satu aktivitas Astragraphia dalam program SMK BISA Link & Match yang akan berjalan selama 2 tahun ajaran. Dengan adanya pandemic maka CAP kali ini dilakukan secara daring. Selama 2 jam para siswa dan insan Astragraphia terlibat dalam topik mengenai proses pembuatan konten yang kreatif hingga di eskalasi dalam bentuk design. 

Foto: Siswa/siswi SMK 2 Triple 'J' peserta pelatihan CAP Astragraphia

Topik pertama mengenai Creative Content Creation dibawakan oleh Fitri Yuliani, selaku Corporate Communications Dept. Head Astragraphia. Para siswa diajak mengetahui bagaimana proses pembuatan konten yang terbagi menjadi 8 langkah, mulai dari free storming, menetapkan target pembaca, membuat outline, proses penulisan, pemilihan kata yang baik, promosi konten, pemilihan media hingga proses evaluasi dari konten tersebut dan improvement dari evaluasi tersebut.

 

Sama seperti dunia kerja, tim konten akan menginformasikan hasil idenya kepada tim desainer. Pembelajaran dilanjutkan dengan topik kedua yaitu Design Creation yang sampaikan oleh Dion Rahadian selaku Creative Designer Astragraphia. Dalam pelatihan ini dari sudut pandang designer bagaimana menterjemahkan permintaan atau briefing dari tim konten hingga pemilihan desain visual yang tepat, apakah dalam bentuk desain grafis 2D, animasi, multimedia dan lain sebagainya. Para siswa ini diberikan bekal mengenai proses perancangan sebuah desain mulai dari konsep, media yang dipilih, ide/gagasan, data pendukung hingga proses visualisasi.

Foto: Dion Rahadian Creative Designer Astragraphia sedang mempresentasikan materi pelatihan Design Creation

Setelah diberikan materi dan sesi tanya jawab yang seru dari para siswa dan guru, tim Astragraphia juga memberikan tantangan kepada siswa dan siswi peserta untuk mempraktikkan materi yang dipresentasikan. Peserta diberi waktu 2 minggu lamanya untuk membuat desain beserta caption yang nantinya akan dipublikasikan di media sosial mereka masing-masing. Tiga konsep desain terbaik akan mendapatkan plakat, e-certificate dan hadiah menarik dari Astragraphia. 

Competence Aid Program (CAP) adalah program unggulan Astragraphia dalam pilar pendidikan. Materi pelatihan disampaikan oleh insan Astragraphia yang mempunyai kompetensi serta semangat untuk berbagi dalam meningkatkan kompetensi guru dan siswa serta memberikan inspirasi bagi sesama,