Astragraphia Raih Dua Penghargaan Sekaligus pada TOP CSR Awards 2021

Astragraphia menerima dua kategori penghargaan TOP CSR Awards 2021 dari Media Top Business, yang diselenggarakan pada 22 April 2021 bertempat di Hotel Raffles, Ciputra World, Jakarta. Pada penghargaan yang bertema “Peran Strategis CSR dalam Mendukung Keberlangsungan Bisnis yang Berkelanjutan di Masa Kenormalan Baru”, Astragraphia meraih kategori TOP CSR Awards 2021 #level star 4 untuk PT Astra Graphia Tbk, dan TOP Leader on CSR Commitment 2021 untuk Hendrix Pramana selaku Presiden Direktur PT Astra Graphia Tbk.

Pada proses penilaian dan penjurian yang dilakukan oleh panitia, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh Astragraphia, diantaranya:

  • Tingkat Keselarasan CSR dengan Strategi Bisnis & Penerapan CSV (Creating Shared Value). 
  • Program CSR Unggulan di Masa Pandemi COVID-19. 
  • Kebijakan dan Sistem Tata Kelola CSR.

 

TOP CSR Awards diselenggarakan setiap tahun oleh Majalah Top Business, yang bekerja sama dengan sejumlah institusi seperti Komite Nasional Kebijakan Governance, Yayasan Pakem, Dwika Consulting, Lembaga Kajian Nawacita, Sinergi Daya Prima, Mitra Bhadra Consulting, Solusi Kinerja Bisnis, Indonesia Shared Value Institute, dan lain-lain. 
4 Pilar Kontribusi Sosial Astragraphia
Dalam menjalankan kontribusi sosialnya, Astragraphia membagi menjadi 4 pilar utama yaitu: Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, dan Kewirausahaan. Pada pilar Kewirausahaan-lah program Kelas ASIK bernaung dan menjadi program unggulan tahun 2020. Keempat pilar tersebut merupakan pelaksanaan strategi Public Contribution Roadmap Astragraphia, yang juga sejalan dengan VIPS sebagai budaya perusahaan Astragraphia, dan sesuai dengan misi dari Sustainable Development Goals (SDGs).


Kontribusi Sosial Astragraphia melalui Kelas ASIK
Penghargaan yang didapat oleh Astragraphia merupakan hasil dari kerja tim dalam  mewujudkan kontribusi sosial melalui program-program yang diinisiasi oleh Astragraphia, dan memiliki dampak positif bagi masyarakat. Sepanjang tahun 2020 lalu, di tengah tantangan pandemi Covid-19, Astragraphia membuat terobosan di bidang kewirausahaan dengan mengadakan program Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif atau disingkat menjadi Kelas ASIK. 

Kelas ASIK menyasar pelaku usaha kecil dan mikro (UMK) yang berdomisili di wilayah operasional Astragraphia di Indonesia, khususnya pada subsektor kuliner, kriya, dan fesyen. Tujuannya adalah agar mereka lebih berdaya saing, go-online dan naik kelas. Dengan mengikuti Kelas ASIK, pelaku UMK mendapatkan pelatihan mengenai teknologi digital printing, aplikasi kreatif untuk kemasan atau label produk, dan juga online promotion.   

Sebanyak 415 UMK telah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Astragraphia. Dalam penyelenggaraan Kelas ASIK, Astragraphia berkolaborasi dengan beberapa instansi pemerintah seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif maupun asosiasi profesi seperti Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual (AIDIA), Indonesia Marketing Association (IMA), dan lain-lain.

Disamping pemberian materi pelatihan, Astragraphia juga memberikan fasilitas promosi kepada pelaku UKM berupa publikasi profil bisnis secara gratis melalui media komunikasi Astragraphia www.ofiskita.com, berikut fasilitas cetak materi promosi UKM seperti label melalui platform online printing www.printqoe.com yang merupakan entitas anak AXI, juga dengan menggandeng print shop mitra Astragraphia yang berada di sekitar kantor cabang di pulau Sumatera, Jawa, dan Bali.