Astragraphia Mendukung Optimalisasi University Press Dalam “Program Kampus Merdeka” di Perguruan Tinggi

7 Juli 2020 – Webinar Astragraphia yang ke-3 diselenggarakan dengan judul “Optimalisasi Pengembangan University Press sebagai Pendukung Program Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi”

 

University Press diperlukan sebuah universitas dalam menunjang publikasi karya ilmiah yang telah dihasilkan oleh para pelaku pendidikan, baik itu dosen, peneliti/akademisi muda maupun calon sarjana. University Press pun memiliki peran sentral terhadap peningkatan taraf akademis, baik dalam mendukung akreditasi maupun terhadap pelaksanaan Tri dharma perguruan Tinggi. Peran sentral tersebut salah satunya adalah pengabdian terhadap masyarakat melalui tanggung jawab publikasi asset intelektual, antara lain jurnal ilmiah, buku ajar, literatur, skripsi, tesis, dan lain-lain.

 

Pada Tahun ini, University Press  menghhadapi tantangan yang lebih banyak dikarenakan dampak dari pandemic Covid-19. Operasional University Press mengalami penurunan drastic, dikarenakan perguruan tinggi diharuskan untuk tutup sementara selama masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Selain ini, implementasi regulasi baru yaitu Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 4 Tahun 2020 dan kebijakan “Kampus Merderka” diharapkan menjadi acuan bagi Universitas.

Webinar ini selesai pada Hari Selasa, 7 Juli 2020 dan diikuti oleh 112 orang dan mayoritas berasal dari University Press dan Perguruan Tinggi.  Webinar Astragraphia ke-3 ini berdurasi 120 menit dan menggandeng narasumber berkompeten sebagai Keynote Speaker, yaitu Ketua Umum APPTI Bp. Dr. Purnomo Ananto, MM serta berkolaborasi dengan Gramedia dan IPB Press dan dimoderatori oleh Bp. Nanang Varisdianto selaku Graphic Communications Services Industry Specialist dari PT Astra Graphia Tbk.

 

Topik-topik yang dibawakan pada kesempatan ini antara lain:

  1. Topik 1: “Pengembangan University Press untuk mendukung “Program Kampus Merdeka” oleh Bapak Erick Wahyudyono yang merupakan Direktur IPB Press.
  2. Topik 2: “Peranan Digital Print dalam membangun Industri Publishing di Indonesia” oleh Bapak Karyadi Karsono sebagai Strategy Formulation PT Gramedia.

Kami mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah berpartisipasi dalam Webinar Astragraphia “Optimalisasi University Press sebagai Pendukung Program Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi”. Semoga Webinar Astragraphia ini dapat memberikan insight dan menjadi stimulus positif untuk University Press. Misalnya, sebagai strategi menghadapi era “The New Normal” dan “The Next Normal” setelah pandemic usai. Astragraphia berkomitmen untuk selalu menjadi “Preferred Partner” dan “Market Leader” dalam industry solusi dokumen, termasuk solusi untuk University Press.

 

Artikel ini disadur dari www.documentsolution.com